Persiapan Matang Untuk Suatu Tujuan

Aku punya harapan sejak kecil, yaitu ingin berkuliah di luar negeri. Oleh karena itu aku sudah mencari tempat les bahasa inggris yang bisa membantu aku mewujudkan harapan aku tadi. Kalo dihitung sampai saat ini, sudah hampir 7 tahun aku terdaftar di tempat les bahasa inggris di berbagai tempat. Itu bukan hobi ya, hanya kebutuhan aja heheheā€¦

Saat aku menemukan tempat les bahasa inggris yang sesuai dengan keinginanku, aku memutuskan untuk mencari lagi yang lain. Jadi aku mengikuti les bahasa inggris di dua tempat yang berbeda. Hanya saja, yang satunya adalah jasa privat.

Aku daftar di bimbel online Ruangguru karena ada jasa privat. Kita bisa memesan dan memanggil tutor untuk datang ke rumah. Yang lebih seru nya lagi adalah kita bisa memilih sendiri tutor yang akan mengajari kita, dengan acuan seperti rating, pengalaman dan juga harga atau tarif per pertemuan.

Yang aku suka dari bimbel online ini adalah aku belajar sendirian, jadi lebih fokus dan tidak terganggu dengan teman-teman yang lain. Selain itu juga aku merasa lebih bebas berekspresi tanpa takut dan malu untuk salah. Karena biasanya aku sering malu untuk menjawab di depan kelas, karena takut salah.

Untuk orang yang pemalu seperti aku, mungkin memang bimbel online adalah solusi yang tepat. Aku gak perlu bertemu orang banyak dan berkomunikasi dengan mereka. Namun dari bimbel online juga aku belajar bahwa sendiri itu memang kurang seru.

Memilih tempat les bahasa inggris yang baik itu adalah bimbel yang:

  1. Yang menyediakan sarana untuk berkomunikasi dengan bahasa yang dipelajari itu sendiri. Contohnya adanya pengajar yang merupakan penutur jati dari bahasanya.

  2. Menggunakan berbagai media penunjang. Media yang bisa menunjang aktivitas berbahasa inggris contohnya adalah lagu, film dan cerita fiktif.

  3. Bisa membuat belajar menjadi lebih menyenangkan. Meskipun bahasa inggris tidak serumit matematika, namun tetap saja butuh sesuatu yang menarik agar materi bisa dengan mudah diterima oleh siswa nya.

  4. Memberikan materi yang mudah dipahami. Kita semua tahu kan grammar-nya bahasa inggris itu banyak banget. Akan lebih menyenangkan jika materi dikemas dengan semenarik mungkin agar siswa yang belajar merasa lebih rileks.

  5. Memberikan praktek yang lebih banyak daripada materi. Belajar bahasa itu harus 80% praktek dan 20% materi. Karena sebenarnya lebih cepat lancar berbicara jika sering digunakan. Untuk itu, buat kamu yang ingin belajar bahasa alangkah baiknya jika sering dipraktekkan.

Setelah belajar bahasa inggris selama 7 tahun, aku sudah mencoba semua cara untuk belajar bahasa inggris yang efisien. Dan memang hasil gak akan mengkhianati proses. Aku sekarang sudah bisa berbicara dengan lancar dalam bahasa inggris. Aku yakin bisa mengikuti pelajaran di kampus aku kelak.